Langkah Awal Perbaikan

aku pernah mendengar bahwa langkah awal perbaikan harus dimulai dengan 3M, yaitu mulai dari diri sendiri, mulai dari hal yang kecil dan mulai dari saat ini, begitulah kurang lebih, bagi siapapun yang ingin menjadi kader perbaikan dalam diri maupun lingkungan kita maka sudah waktunya kita mengkoreksi dari hal-hal kecil tentang diri kita saat ini juga, begitulah kurang lebih, sayangnya banyak diantar kita yang terjangkit sebuah ungkapan “semut diseberang pulau kelihatan namun gajah didepan mata tidak kelihatan” begitulah kurang lebih, sehingga kita sibuk bangat mengurus orang lain namun sangat jarang melihat apa yang bisa kita lakukan dan apa yang harus kita perbaiki dari diri kita, coba perhatikan para penonton bola, meraka adalah orang-orang yang sangat hebat berkomentar tantang sejuta kelemahan dari setiap pemain namun apakah benar mereka bisa bermain sebaik orang yang mereka komentari?

Mulai saat ini belajarlah menjadi lebih baik dengan memulai dari diri sendiri, malaui dari hal yang kecil dan mulai saat ini, kita ambil sebuah contoh tentang kebersiahan, bila kita ingin menjadi seorang agen kebersihan, maka hal pertama yang harus kita lakukan adalah memperhatikan kebersihan badan kita secara menyeluruh, memulai dari tubuh kita yang paling sederhana misalnya kuku, kulit dan lain sebagainya, dan dimulai detik ini juga, hal ini dapat memastikan kita menjadi agen kebersihan, mana mungkin kita yang merokok melarang orang lain agar tidak merokok? Mana mungkin menjadi agen 1000 sunligth kalau belum pakai sunligth? Begitulah kurang lebih, bila kita telah siap dengan langkah awal kita maka bersipalah untuk menjadi pribadi dan diri yang sukses.

Menurut Bill Gates, 3 langkah menuju sukses diantaranya adalah Think Big (Berfikir Besar), Start Small (mulai dari hal yang kecil) & Act Now (Mulai dari Sekarang), hal ini tidak jauh berbeda dengan prinsip 3M, namun hal yang ditekankan disini adalah memulailah dengan berfikir besar, udah gitu kita harus bisa istiqomah dengan waktu yang kita miliki dan tujuan kita akan kemana, sehingga kesuksesan dapat kita raih dengan pasti.

Mulailah mebiasakan diri kita agar senantiasa taat dalam beribadah, membatu siapapun, terus belajar, tetap berolah raga dan semangat berkerja keras, dalam pelatihan SSG (santri siap guna) yang pernah aku ikuti, kami di ajarkan prinsip 7 B diantaranya; (1) Beribadah Dengan Benar Dan Istiqomah, (2) Berahlaq Terpuji, (3) Belajar & Berlatih Tiada Henti, (4) Berkerja Keras, Cerdas & Iklas, (5) Bersahaja Dalam Hidup, (6) Bantu Sesama & (7) Bersihkan Hati Selalu.

Ilmu itu penting, ilmu itu mengembangakan keluasan cakrawala berfikir kita, meluaskan wawasan kita, membuat sesorang manjadi pandai, pintar & cerdas, namun ilmu tidak akan banyak berperan selama kita tidak beramal, ada sebuah ungkapan yang aku ingat bahwa “ilmu tanpa amal seperti jasad tanpa roh (mayat), dan amal tanpa ilmu seperti orang yang mencoba menuguk (minum) racun dengan harapan bahwa apa yang ia minum adalah obat yang akan menyembuhkannya (trial and error).

Semoga ilmu yang kita pelajari dapat kita amalkan apalagi kita istiqomah (konsisten), pasti akan sukses, ilmu +  amal  + konsistensi = kesuksesan. (-semangat-)

~ by suryadisantana on February 8, 2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: