Self Digesting

  1. Ilmu yang akan mengaliensikan diri
  2. Ilmu yang akan mencahayai diri
  3. Ilmu yang akan meninggikan derajat diri
  4. Ilmu yang akan membuat rendah hati
  5. Pembelajaran menciptakan Perubahan
  6. Ilmu yang akan membantu mengelola diri
  7. Ilmu akan menjadi sepotong makna
  8. Ilmu akan mengaitkan Pengelaman & Makna
  9. Interaksi adalah inti mencari Ilmu
  10. Jadilah Diri yang menguasai Ilmu

 

Urutan diatas menunjukan bagaiamana kita mengenali siapa diri kita dan mengetahui apa yang dibutuhkan diri kita untuk bisa jauh lebih mengenal diri kita sendiri. Dalam urutan diatas ilmu sangat memiliki peran yang mendominasi dalam bagaimana cara kita mengenali diri dan menuntun diri kita. Ingatlah ilmu sangat membantu kita untuk mengelola diri kita baik dari segi Spritual, Emosional, kesehatan hingga cara belajar kita. Dan perlu kita ketahui bersama antara ilmu, pengalaman & makna memiliki hubungan yang sangat erat yaitu; dengan ilmu kita akan dapat dengan bijak dan santun dalam menjemput pengelaman dengan mingikat makna yang terjadi dari setiap pengalaman yang berlalu.

Dalam bahasan ilmu yang mengaliensikan diri dibahas mengenai bagaimana ilmu yang kita pelajari itu bisa lebih membuat kita menegenal siapa & apa diri ini sebenarnya. Dalam bahasan ilmu yang mencahai diri dibahas mengenai keutamaan ilmu dalam memberi penerangan dalam mencapai titik terang siapa diri kita sebenarnya dan ilmu yang menjadi cahaya yang menuntun kita kedalam kehidupan yang jauh lebih baik. Ingatlah diri yang menguasai ilmu adalah diri yang selalu dapat bersikap bijak dan santun dalam menghadapi segala persoalan yang datang menghampiri baik dalam bentuk ancaman,tantangan,hambatan maupun ganguan.

Ilmu yang meningkatkan derajat diri, sudah barang tentu kita mengetahui bersama bahwa derajat orang – orang yang menjadikan ilmu sebagai penerangnya didalam hidup memiliki posisi yang sangat baik dimata masarakat, bahkan dunia, liatlah Einsten, Newton, Galileo dll, mereka menjadi sangat terkenang dan memiliki kedudukan oleh sebab ilmu yang mereka miliki. Ilmu yang membuat rendah hati, jelas makin berisi padi makin akan merunduk, begitulah hakikat ilmu yang sebenarnya yaitu membuat pemiliknya menjadi bijak dan santun dalam mengatasi dan mengahadapi segala sesuatu.

Pemelajaran dari perubahan yaitu kita ketahui bersama tidak ada yang statis/tetap kecuali perubahan itu sendiri, oleh sebab itu kita dituntut agar dapat terus belajar seiring dengan perubahan yang terjadi dengan menimba idea, gagasan dan makna dari setiap pengalaman yang terjadi seiring dengan terjadinya sebuah perubahan.dan inti dari mencari ilmu adalah interaksi antara sesuatu dengan sesuatu yang lainnya.

~ by suryadisantana on February 8, 2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: